Seru dan Aman Bersepeda

Bersepeda selalu menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan. Jika Anda ingin mengajak si kecil bersepeda, ikuti aturan ini agar Anda dan si kecil tetap aman.


Selalu gunakan helm khusus ukuran balita untuk bersepeda. Namun jika helm tersebut masih kebesaran, jangan paksakan si kecil sebab akan membuatnya tidak aman, dan mungkin jadi cedera karenanya.
  • Helm untuk bersepeda didesain khusus untuk satu kali jatuh akibat kecelakaan. Jika sampai terjadi, untuk alasan keamanan sebaiknya helm langsung diganti meski tidak tampak adanya kerusakan. Hindari pula membeli helm bekas, karena Anda tidak tahu helm tersebut sudah pernah jatuh atau tidak.
  • Gunakan pelindung lutut dan siku. Gunakan yang ukurannya pas, sebab jika kebesaran atau kekecilan akan membuat si kecil tidak nyaman dan malah meningkatkan resiko kecelakaan
  • Cek rem, rantai sepeda, kekenyalan ban, bel sepeda dan stang. Jika si kecil memakai roda tambahan, pastikan roda tersebut dalam kondisi stabil. Pengecekan berkala menghindari si kecil  dari kecelakaan.
  • Ajarkan si kecil peraturan berlalu lintas. Pastikan ia selalu mengendarai di sisi yang tepat. Ajarkan bagaimana peraturan membelok dan menyeberang jalan yang benar.
  • Jangan memakaikan pakaian terlalu ketat atau longgar, sebab akan mengurangi kelincahannya mengendalikan sepeda.
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak